MEMBANGUN PERANGKAT LUNAK OTOMASI
PERANCANGAN DAN PENGGAMBARAN RODA GIGI MATAHARI
DAN PINION UNTUK GARDAN MOBIL SEBAGAI ALAT BANTU
PEMBELAJARAN MATA KULIAH ELEMEN MESIN
Anwar Sukito Ardjo, Agus Slamet, Sulasih, Nur Saada, Yusuf
Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang
Jl.Prof.H. Sudarto, S.H. Tembalang, kotak Pos 6199/SMS, Semarang 50329
Telp 7473417,7499585,7499586 (Hunting), Fax. 7472396
Abstrak : Penggambaran
rod gigi matahari dan pinion pada Autocad memerlukan data hasil
perhitungan secara manual. Agar hasil perhitungan dapat langsung
digambarkan secara cepat, maka harus disusun program yang menggabungkan
keduanya.
Latar belakang : Guna
meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam merangcang sistem pemindagan
daya pada gardan kendaraan, maka pembahasan tentang roda gigi roda
matahari dan pinion dapat ditingkatkan hingga tersusunnya gambar kerja
yang siap dibawa menuju proses manufaktur, baik menggunakan mesin
konvesional maupun mesin CNC. Guna memenuhi kompetensi itu diperlukan
perangkat lunak yang mampu melakukan perhitungan hingga penggambaran
roda gigi matahari dan pinion dalam bentuk gambar kerja Autocad.
Metodologi :
1. Analisis Kebutuhan
2. Perancangan pada perangkat lunak
Kesimpulan : Hasil penggambaran manual dengan menggunakan Autocad sangat dipengaruhi oleh maing masing responden. Penggambaran gambar Assembling Crownwheel dan Pinion dengan Autocad rata – rata 13 menit. Autocad® mempunyai kemampuan tidak sekedar hanya sebagai alat bantu gambar semata, namun juga menyediakan fasilitas editor untuk melakukan penulisan kode program Visual LISP.
ANALISIS JURNAL PEMODELAN WAJAH 3D BERBASIS FOTO DIRI MENGGUNAKAN EMBEDDED LANGUAGE (MEL) SCRIPT
Judul Jurnal : PEMODELAN WAJAH 3D BERBASIS FOTO DIRI MENGGUNAKAN MAYA EMBEDDED LANGUAGE (MEL) SCRIPT
Penulis
: Yudi Prayudi, Iwan Aprizal
Jurusan
: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam
Indonesia
Abstrak : Dengan menggunakan bahasa pemrograman melscript dalam maya.
Dalam
jurnal ini penulis, menjelaskan fungsi dan tujuan masing-masing
proses dalam
pembuatanpemodelan wajah 3D dan memaparkan keunggulan bahasa
pemprograman
maya.
Latar belakang : membuat
pemodelan wajah 3D menggunakan foto wajah berekstensi jpeg. Dimana foto wajah
yang akan di import sebelumnya dibentuk intensitas warna tiap pixel lewat
sejumlah metode, yaitu metodeimage adjustment
brightness/contrast, image color balance, layer multiply, dan tampilan convert mode rgb yang semuanya ini
dikerjakan di luar program utama dengan menggunakan photoshop. Dalam
mengimplementasikan foto 2D tersebut menjadi 3D penulis menggunakan metode
nurbs (non-uniform rational bezier spline) modeling, polygon
serta subdivision.
Metodologi :
1. Analisis kebutuhan
2. Desain
3. Uji coba
Kesimpulan : Penulis membuat
pemodelan wajah 3D menggunakan foto wajah berekstensi jpeg. Dalam
mengimplementasikan foto 2D tersebut menjadi 3D penulis menggunakan metode
nurbs (non-uniform rational bezier spline) modeling, polygon
serta subdivision. Dengan menggunakan bahasa pemrograman melscript dalam maya.
Jadi pada proses pembuatannya itu terstruktur dengan jelas dengan
mengimplementasikan foto 2D tersebut menjadi 3D.
Hasil :
0 komentar:
Posting Komentar